.

Rabu, 04 Juli 2012

SORTASI BERDASARKAN UKURAN

Ukuran dapat digunakan sebagai barometer utama dalam mengukur standard mutu buah. Sebagian besar mutu dari pangan dikategorikandalam beberapa ukuran (volume, berat, garis tengah). Sortasi berdasarkan ukuran dilakukan untuk menentukan harga yang sesuai pada kelasnya masing-masing. Selain untuk menentukan harga, pengkelasan berdasarkan ukuran juga digunakan untuk mendesain bentuk dan besaran yang akan digunakan.
Umumnya semakin besar ukuran buah semakin tinggi harganya. Meskipun demikian tidak semua buah yang berukuran besar memenuhi standard mutu dan disukai konsumen. Sortasi berdasarkan ukuran dapat dilakukan dengan tangan maupun dengan alat. Sortasi dengan tangan pada umumnya dilakukan untuk pengemasan secara kesil-kecilan dan dilakukan oleh pedagang pegumpul di gudang.
Untuk pangan yang mempunyai bentuk yang beraturan seperti apel dan jeruk, sortasi dilakukan dengan menggunakan alat. Balai besar pengembangan mekanisasi pertanian di Serpong, Tangerang telah merancang bangun prototype alat dan mesin (ALSIN) sortasi buah berdasarkan bobot tipe BSM-1. Prototipe alsin ini merupakan modifikasi dari alsin sejenis yang telah dibuat sebelumnya dengan kapasitas 400kg/jam. Prototipe menggunakan konstruksi dari bahan yang mudah diperoleh di pasaran serta tidak terlalu mahal harganya selain itu pengoperasiannya pun cukup mudah. Bagi jenis pangan yang mempunyai bentuk beraturan, pengkelasannya didasarkan dengan ukuran berat. Buah ditimbang kemudiandigolongkan berdasar ringan tidaknya bobot masing-masing
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar